zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

7 Ujian Tersembunyi Dalam Wawancara Kerja yang Tidak Disadari Kandidat

Ketika Anda tidak lulus dalam wawancara kerja, mungkin karena Anda gagal dalam ujian tersembunyi ini.

Banyak orang yang dapat mempersiapkan diri mereka dengan baik dan dapat tampil menawan saat wawancara kerja. Namun ketika mereka dihadapkan pada situasi tertentu dimana mereka harus bersikap secara naluriah, itulah yang akan memberi informasi akurat kepada pemberi kerja untuk mengetahui orang seperti apa Anda sebenarnya.

Pasar kerja saat ini sangat kompetitif. Dan pemberi kerja terkadang dihadapkan pada pemilihan yang sulit ketika harus memilih dari kumpulan besar kandidat yang memenuhi syarat. Selain itu memeriksa resume kandidat dan melakukan wawancara standar terkadang tidak cukup untuk menjaring karyawan yang tepat.. Itu sebabnya pemberi kerja akan menambahkan beberapa tes untuk lebih ketat menyeleksi kandidat.

Salah satunya dengan mendapatkan profil sebenarnya tentang kepribadian Anda, Idenya adalah dengan menilai bagaimana sikap Anda dalam merespon situasi tertentu yang Anda temui ditempat kerja, bagaimana cara Anda bereaksi, memecahkan masalah dan memandang orang lain di sekitar Anda.

Manajer perekrutan memiliki banyak trik untuk menguji kandidat. Tes itu akan mereka lakukan secara diam-diam sehingga Anda mungkin tidak menyadari adanya tes itu sendiri

Berikut ini adalah beberapa ujian tersembunyi saat wawancara kerja yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Anda sengaja dibuat menunggu.

ujian dalam wawancara kerja

Masa tunggu yang panjang sebelum wawancara kerja dimulai adalah salah satu ujian tersembunyi yang mungkin paling sering dialami kandidat. Anda mungkin dijadwalkan mendapatkan sesi wawancara pada jam 8 pagi. Tetapi ketika Anda datang sesuai jadwal bahkan lebih awal untuk memberi kesan yang lebih baik, Anda mungkin diminta menunggu selama 30 menit . Dan kemudian 15 menit lagi . Dan kemudian 10 menit lagi.

Bagian menunggu ini dapat membuat Anda semakin tidak nyaman apalagi jika pewawancara terlihat bersikap santai dan seperti membiarkan Anda hanya duduk diam di ruang tunggu.

Membiarkan Anda menunggu lebih lama adalah salah satu tes yang dapat menunjukkan seberapa baik Anda dalam menangani situasi yang tidak nyaman dan seberapa besar keinginan Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu.

2. Anda ditawari secangkir minuman.

Di awal wawancara manajer, HRD atau rekruter mengajak kandidat ke dapur dan menawari mereka secangkir kopi atau teh. Setelah wawancara selesai mereka akan mengamati apa yang akan Anda lakukan dengan cangkir kosong di atas meja. Apakah Anda akan meninggalkan cangkir Anda di meja dan pergi begitu saja? atau apakah Anda akan menawarkan untuk membawa cangkir itu kembali ke dapur dan berinisitif mencuci sendiri cangkir itu?

Rahasianya adalah jika Anda meninggalkan cangkir itu begitu saja di atas meja tanpa mengucapkan apapun tentang itu, Anda mungkin tidak akan mendapatkan pekerjaan itu.

Trik ini dapat berbicara banyak tentang karakter dan perilaku Anda. Lebih dari jawaban yang Anda berikan dalam wawancara. yang telah selesai , Keputusan terbaik dalam hal ini adalah pergi ke dapur setelah wawancara dan mencuci sendiri cangkir itu.

3. Menciptakan keheningan atau jeda panjang

Saat sesi wawancara tengah berlangsung atau setelah Anda menjawab sebuah pertanyaan , pewawancara mungkin akan mengambil sikap diam dan jeda agak lama sehingga keheningan tercipta. Situasi seperti ini dapat membuat Anda menjadi canggung dan merasa sangat tidak nyaman Anda mungkin mencoba mengisi keheningan dengan mengatakan sesuatu yang lain atau menjelaskan jawaban Anda sebelumnya.

Pewawancara sebenarnya ingin melihat bagaimana sikap Anda dalam menangani situasi tersebut. Apakah Anda akan memuntahkan kata-kata apapun dari mulut Anda hanya untuk mengisi kekosongan? Atau Anda akan mencoba menguraikan lebih lanjut jawaban yang telah Anda berikan sebelumnya? Atau Anda akan buru-buru meminta pewawancara melontarkan pertanyaan lanjutan.

Untuk memenangkan trik ini, biarkan jeda itu terjadi. Jangan mengambil alih situasi dan mencoba mengisinya.Tetap tenang dan bersabar menunggu sampai pewawancara kembali melanjutkan.

4. Pewawancara bersikap agresif

Bersuara keras, bersikap agresif, meremehkan jawaban Anda bahkan menghina Anda, ketika wawancara kerja adalah trik atau ujian lain yang digunakan pewawancara secara tersembunyi untuk menilai Anda.

Dengan trik ini mereka ingin melihat sikap Anda saat menghadapi situasi panas dan menguji kepercayaan diri,kestabilan emosi, kesabaran dan kemampuan Anda dalam melawan stres. Jika Anda dapat mengatasinya dengan baik kemungkinan besar Anda juga bisa mengatasinya dalam kehidupan kerja Anda nantinya.

5. Bersikap acuh tak acuh.

Pewawancara bertindak seolah tidak tertarik dengan Anda. Mereka mungkin mengabaikan Anda dengan sibuk berbicara di telepon, hanya melihat ke layar komputer atau meninggalkan ruangan di tengah wawancara.

Ujian tersembunyi ini dapat menunjukkan bagaimana kandidat akan memfokuskan kembali perhatian dalam wawancara kerja ini . Atau cara apa yang akan mereka gunakan untuk keluar dari situasi ini. Tunjukkan kalau Anda bisa tetap tenang dan cukup percaya diri untuk bertahan dalam situasi ini.

6. Menjatuhkan barang ke lantai.

Ujian tersembunyi lainnya saat wawancara kerja yang sering tidak disadari kandidat adalah ujian untuk menemukan kandidat yang responsif dan baik hati. Triknya adalah dengan menjatuhkan sesuatu seperti kertas atau pena ke lantai. Jika kandidat secara reflek membungkuk dan membantu mengambilkan barang tersebut, kemungkinan besar mereka berhasil dalam trik ini. Namun jika mereka membiarkan pewawancara yang melakukannyanya sendiri ini bisa seperti membiarkan juga peluang mendapatkan pekerjaan itu terlepas.

7. Meminta karyawan lain berkomunikasi dengan kandidat.

HRD atau rekruter yang ditugaskan untuk merekrut Anda, tidak hanya mempertimbangkan penilaian mereka sendiri. Kemungkinan mereka juga akan meminta pandangan karyawan lain mengenai diri Anda. Mereka mungkin akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk berkomunikasi dan terhubung dengan karyawan yang lain. Tidak terkecuali resepsionis, petugas sekuriti dan bagian kebersihan.

Dari ujian tersembunyi ini, yang perlu Anda sadari adalah meskipun rekruter menyukai Anda, tetapi jika rekan mereka mendapatkan kesan buruk tentang Anda , itu tidak akan menjadi pertanda baik bagi Anda.

Baca: 5 Cara Kreatif Merekrut Karyawan Berbakat

Itulah ujian tersembunyi dalam wawancara kerja yang sering tidak disadari kandidat. Gunakan kebijaksaan Anda agar berhasil dalam trik ini. Jika Anda adalah seorang rekruiter, Anda juga dapat menggunakan trik ini secara diam-diam untuk mendapatkan kandidat yang tepat.

Asria Ali

Sedang menulis

One thought on “7 Ujian Tersembunyi Dalam Wawancara Kerja yang Tidak Disadari Kandidat

  • דירות דיסקרטיות בירושלים

    Greetings! Very useful advice in this particular article! Its the little changes that produce the greatest changes. Thanks for sharing!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *