zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

Tanda Lamaran Kerja Anda Ditolak

Anda mungkin tengah menunggu hasil dari lamaran kerja Anda. Menunggu bisa terasa melelahkan jika berlangsung lama tanpa informasi yang jelas. Anda semakin diliputi rasa penasaran untuk mengetahui apakah lamaran kerja Anda tempo hari diterima atau ditolak?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini ada beberapa sinyal atau pertanda yang dapat Anda tafsirkan sebagai tanda lamaran kerja Anda ditolak.

1.Tidak ada kabar dari perekrut.

Tidak mendengar kabar dari perekrut setelah batas waktu yang disebutkan bisa menjadi tanda lamaran kerja Anda ditolak..

Meskipun sesi wawancara telah Anda lalui beberapa minggu yang lalu namun Anda belum mendapatkan informasi lanjutan. Padahal sebagian besar perusahaan biasanya menyeleksi pelamar dengan cepat setelah wawancara. Dan seharusnya tidak butuh waktu lama bahkan tidak butuh waktu seminggu bagi mereka untuk memberi tahu Anda hasilnya.

Jika mereka memberi Anda tanggal keputusan perekrutan dan Anda belum mendengar kabar dari mereka pada tanggal tersebut, itu mungkin berarti mereka telah memilih kandidat lain.

Meskipun perusahaan bisa saja menunda tanggal perekrutannya, namun mereka biasanya akan menginformasikan penundaan tersebut jika mereka serius mempertimbangkan. Anda.

2. Lowongan kerja untuk posisi yang Anda inginkan, masih terbuka.

Jika postingan lowongan pekerjaan masih aktif di situs perusahaan atau di media lain dan mungkin telah diperbarui dengan menambahkan beberapa item tertentu dan posisi yang Anda incar juga masih terbuka, itu bisa menjadi pertanda jelas bahwa mereka tidak memberi Anda pekerjaan itu.

Meskipun mereka mungkin tidak mengesampingkan lamaran Anda, namun mereka mungkin masih ingin mengejar kandidat lain yang memiliki pengalaman atau kualifikasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini mungkin juga berarti bahwa proses perekrutan dapat berlangsung lebih lama.

Hal lain yang mungkin terjadi adalah posisi tersebut tidak lagi tersedia tapi Anda belum dihubungi oleh perusahaan, kemungkinannya mereka telah mendapatkan kandidat lain untuk posisi tersebut.

3. Wawancara berlangsung singkat.

Anda bisa mengingat kembali sesi wawancara yang telah Anda lalui. Jika wawancara kala itu berlangsung singkat dan pewawancara tidak menunjukkan minatnya pada Anda, ini bisa menjadi pertanda buruk.

Wawancara biasanya tidak memiliki persyaratan waktu, karena wawancara biasanya akan bergantung dari posisi dan job level yang ditawarkan. Jika Anda merasa wawancara Anda berlangsung terlalu cepat dari biasanya dan tidak cukup untuk mencakup aspek penting dari posisi atau job level tersebut, ini bisa menjadi tanda lamaran kerja Anda ditolak.

4. Mereka tidak menunjukkan minatnya pada Anda.

Dalam wawancara biasanya akan ada informasi tentang posisi, termasuk gaji, tunjangan atau jam kerja sehingga Anda dapat memutuskan apakah posisi tersebut tepat untuk Anda. Namun jika topik tersebut tidak muncul selama sesi wawancara, kemungkinannya mereka tidak tertarik dan memutuskan untuk memilih kandidat yang lain. Hal ini mungkin terjadi jika mereka melihat kualifikasi Anda tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Jika manajer perekrutan tertarik untuk memberikan posisi tersebut kepada Anda, mereka akan menjelaskan secara detail rincian dan tugas dari posisi tersebut ketika proses wawancara. . Penjelasan posisi merupakan bagian penting dalam proses wawancara. Ini memungkinkan Anda memutuskan apakah perusahaan tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

Jika perusahaan tertarik mempekerjakan Anda, maka mereka pasti berminat untuk membahas bagian tertentu dari pekerjaan tersebut. Mereka yang tertarik terkadang juga mengajak calon kandidat untuk berkeliling kantor dan memberi tahu Anda tentang aspek positif bekerja disana,

Namun jika mereka tidak berminat memberikan Anda posisi tersebut, mereka mungkin akan terlihat mengabaikan jawaban Anda dan tidak membuat catatan apapun. Mereka mungkin sudah menemukan kandidatnya dan memutuskan untuk tidak menerima Anda tetapi tidak ingin membatalkan wawancara. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan pun cenderung terlalu mudah dan tidak jelas, sekedar menjalani formalitas saja

5. Pesan atau email Anda tidak dibalas.

Jika Anda telah mengirimkan pesan atau email terkait pekerjaan tersebut namun tidak mendapatkan balasan, ini adalah tanda yang paling langsung. Artinya lamaran kerja Anda ditolak. Mereka mungkin sudah menemukan seseorang yang lebih tepat untuk posisi tersebut tetapi tidak memberitahukan Anda.

Baca : 7 Ujian Tersembunyi Dalam Wawancara Kerja yang Tidak Disadari Kandidat

Demikianlah 5 tanda lamaran kerja Anda ditolak. Tanda- tanda ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kapan saatnya beralih ke peluang lain. Jadi tetaplah semangat dan optimis untuk mengejar peluang di tempat lain.

Setelah memastikan lamaran kerja Anda ditolak, Anda mungkin penasaran mengetahui alasannya, Nantikan postingan saya selanjutnya yang akan membeberkan beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab lamaran kerja ditolak.

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *