zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

5 Cara Kreatif Merekrut Karyawan Berbakat

Cara kreatif merekrut karyawan, ketika rekrutmen umum tidak cukup untuk menjaring kandidat yang berkualitas.

Pernah ada sebuah lowongan pekerjaan yang ditawarkan di sebuah negeri pada masa lampau, di era kejayaan koran dan radio, dan ketika telepon genggam kala itu masih sebatas khayalan.

Simpel saja iklan lowongan kerja itu “Dicari Orang yang Gemar Membaca”.

Berkumpullah para kandidat. Mereka ditanyakan berapa buku atau bacaan yang mereka baca dan apa saja bacaan yang sering mereka baca.

Apa alasan perusahaan membuat narasi promosi lowongan kerja seperti itu?

Karena mereka memiliki keyakinan bahwa orang yang berbakat, cerdas dan kreatif pastinya orang yang gemar membaca.

Dan benar. Mereka menemukannya.

Merekrut karyawan dengan cara kreatif tidak hanya berhasil karena berbeda. Namun karena mampu menarik perhatian para kandidat kreatif. Pada dasarnya orang kreatif menyukai hal yang kreatif.

Strategi perekrutan yang khas dan standar dengan pertanyaan wawancara kerja yang umum seringkali tidak efektif. Para kandidat yang sudah cukup berpengalaman dengan wawancara kerja sebelumnya hanya memberi jawaban yang sudah tersimpan di kepala mereka dan itu tidak banyak menunjukkan kualitas pemikiran mereka.

Anda yang seorang manajer HRD atau seorang recruiter yang ditugaskan merekrut karyawan, tentunya menyadari dunia ini telah berubah begitu cepat. Menjaring kandidat dengan pola lama dan terus berulang hanya memberi peluang mendapatkan karyawan dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

Itulah mengapa Zatlog,com telah menyusun cara kreatif merekrut karyawan di bawah ini. Agar Anda tahu dimana mencarinya dan menemukan kandidat terbaik untuk perusahaan Anda.

1. Media sosial

Maksimalkan media sosial yang digunakan perusahaan sebagai strategi rekrutmen dengan mengenalkan brand perusahaan untuk menarik kandidat aktif dan pasif di platform digital yang sering mereka kunjungi.

Untuk mendapatkan talenta terbaik tidak cukup hanya dengan memposting lowongan pekerjaan ke halaman karir dan menunggu kandidat masuk. Anda harus membuat tampilan perusahaan Anda menarik di mata publik sehingga membuat orang ingin sekali bergabung ke perusahaan Anda.

Buatlah konten yang menarik di media sosial. Dapat berupa kata-kata tertulis, foto, video maupun konten interaktif yang dapat memperlihatkan gambaran yang positif dan menarik mengenai perusahaan Anda.

Anda dapat menampilkan segala aspek menyenangkan untuk mereka yang bekerja. Seperti lingkungan kerja yang nyaman, tradisi perusahaan, event menarik, kekompakan tim, minat bersama dan kebiasaan lain yang membuat orang sangat tertarik menjadi bagian di dalamnya.

2. Gamification

Metode ini mengadopsi konsep game dan menerapkannya untuk proses seleksi kandidat.

google adalah salah satu contoh populer perusahaan yang berhasil memanfaatkan gamification dalam perekrutan. Perusahaan raksasa ini mendapatkan kandidatnya yang berhasil memecahkan teka-teki pengkodean melalui mesin pencarian.

Gamification dapat mengacu pada beberapa jenis permainan. Dapat berupa kuis online, permainan puzzle, tes pengkodean seperti yang dilakukan google atau menggunakan permainan simulasi.

Metode ini dapat memberi kandidat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan kelincahan kandidat yang sebenarnya. Mengevaluasi kompetensi kandidat seperti orientasi, tujuan, daya tahan, daya tangkap dan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah.

Kemampuan para kandidat dalam bekerja sama, karakter dan gaya bekerja juga dapat dinilai disini.

Permainan simulasi misalnya, dimana perusahaan membuat skenario untuk para kandidat berperan menangani tugas yang diberikan. Anda dapat mengukur daya tangkap kandidat terhadap pekerjaan serta melihat keterampilan mereka dalam bertindak, dan mendapat gambaran tentang bagaimana mereka akan menghadapi tantangan yang diberikan oleh peran tersebut

Cara kreatif merekrut karyawan dengan Gamification akan membuat proses perekrutan Anda lebih interaktif dan juga dapat mencerminkan lingkungan kerja yang menyenangkan. Sehingga menarik lebih banyak kandidat berkualitas.

3. Referensi Karyawan

Orang-orang yang profesional biasanya bergaul dan dikelilingi dengan profesional lain yang memiliki minat dan kemampuan sama atau lebih tinggi.

Anda dapat meminta referensi atau rujukan kepada karyawan terbaik Anda mengenai kontak kandidat yang mereka ketahui yang memiliki kualifikasi tinggi.

Banyak karyawan yang mungkin memiliki jaringan dengan mereka yang memiliki bakat yang sama untuk berbagi pengetahuan dan saling belajar. Referensi karyawan yang dikembangkan dengan baik dapat mendorong lebih banyak karyawan Anda untuk merujuk bakat terbaik yang mereka ketahui.

Metode ini dapat memangkas biaya rekrutmen. Jika berhasil mendapatkan kandidat yang sesuai jangan lupa memberikan insentif bagi karyawan yang memberikan referensi.

Baca : Persaingan Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan

4. Karyawan boomerang

Mengembalikan mantan karyawan ke perusahaan Anda? mengapa tidak.

Banyak situasi yang membuat seseorang terpaksa meninggalkan pekerjaan. Memiliki kesibukan baru, menjadi seorang ibu misalnya, atau melanjutkan studi.

Dan ketika mereka siap untuk kembali bekerja, kemungkinan mereka sungkan atau malu untuk meminta bergabung ke perusahaan Anda lagi, walaupun menginginkan itu.

Anda dapat mencoba menghubungi dan merangkul kembali mantan karyawan Anda. Karyawan masa lalu memiliki keuntungan telah mengenal perusahaan Anda. Demikian juga Anda memiliki akses ke informasi dan riwayat kinerja mereka.

Cara kreatif yang Anda gunakan untuk merekrut karyawan ini, dapat menyederhanakan dan mempercepat proses perekrutan. Mereka dapat lebih cepat bekerja tanpa harus melalui lagi proses wawancara yang panjang.

Baca : Kerja Keras Tidak Bisa Membuat Anda Kaya

5. Bergabung dengan komunitas atau jaringan profesional

Cara kreatif merekrut karyawan dapat juga dengan cara bergabung ke jaringan para profesional. Sebagai seorang perekrut, Anda dapat langsung berkunjung ke tempat berkumpul orang yang memiliki minat tertentu terhadap bakat yang Anda cari. Hal ini bisa membuat tahap seleksi lebih santai dan Anda juga dapat memperoleh hasil yang lebih jujur.

Anda dapat langsung menilai secara tatap muka. Gunakan insting pencari bakat Anda untuk mengevaluasi mereka satu persatu. Gunakan kemampuan komunikasi yang efektif untuk membuat tertarik mereka yang bahkan kandidat pasif untuk meniti karir di perusahaan Anda.

Demikianlah beberapa cara kreatif merekrut karyawan untuk perusahaan Anda. Merekrut adalah pekerjaan yang sulit jika perusahaan Anda sedang berjuang untuk menemukan talenta terbaik. Mungkin ini saatnya untuk melakukan strategi yang baru dan berbeda dalam hal perekrutan. Jika Anda menggunakan cara- cara kreatif diatas untuk merekrut karyawan, itu bisa saja menjadi terobosan baru untuk bisnis Anda

Tidak perlu ragu membuat strategi baru. Lepaskan sisi kreatif Anda. Dan Anda akan mendapatkan kandidat yang tepat.

Semoga menginspirasi

Catatan Zatlog

” Latih orang dengan cukup baik sehingga mereka bisa pergi. Perlakukan mereka dengan cukup baik sehingga mereka tidak mau pergi “

Richard Branson

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *