zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Artikel UnggulanSudut Pandang

Kemajuan atau Sekedar Perubahan?

Apakah “Dunia telah berubah”? Ya. Apakah itu berarti “Dunia telah maju”? Tunggu dulu!

Kita semua setuju bahwa dunia ini telah mengalami perubahan. Saya yakin kita semua sepakat bahwa dunia sekarang berubah dan berubah lebih cepat.

Dunia berubah. Orang-orang berubah. Hidup berubah. Teknologi berubah. Kebiasaan berubah. Dan Sebagian nilai-nilai di masyarakat kita juga telah berubah. Dan sikap kita dalam memandang perubahan itu juga telah berubah.

Perubahan selalu hadir. Kita telah berada dalam keadaan yang jauh berbeda dari pada yang dahulu.

Lalu apa yang menarik dari perubahan ini selain untuk mengatasi kejenuhan? Kemajuan lebih mungkin memberi manfaat yang lebih baik.

Sebagian besar kita telah memandang perubahan dunia sebagai kemajuan. Indikator kemajuan paling populer adalah; teknologi. Teknologi digital telah mengubah kehidupan manusia. Telah menjadi penggerak ekonomi yang vital. Kita tidak dapat memungkiri kemajuannya. Walaupun ini akan menjadi normal baru dalam kehidupan kita selanjutnya. Karena kita adalah manusia. Dan manusia tidak pernah puas. Untungnya sains dan teknologi tidak pernah statis. Mereka selalu dan terus berkembang. Kita masih terus menunggu, kecanggihan seperti apa yang akan tiba esok.

Tapi bagaimana dengan manusianya? Apakah ada kemajuan dalam kualitas hidup mereka? Dalam menilai perubahan ini, apalagi jika memandangnya sebagai kemajuan, maka kita juga harus meninjau kebelakang dan memeriksa sejauh mana kualitas hidup manusia atau masyarakat kita telah maju. Terkadang masih sulit bagi kita memandang perubahan dunia sebagai sebuah kemajuan disaat kita masih ‘diserang’ dengan berita-berita buruk yang terjadi di belahan dunia seperti peperangan, ketegangan antara negara, pelanggaran HAM, pandemi, resesi ekonomi, kelaparan, kemiskinan dan masih banyak lagi.

Sebelum kita menggeneralisir perubahan lain sebagai kemajuan. Dan melangkah lebih jauh dalam mendefinisikan arti perubahan sebagai kemajuan, saya ingin kita menyadari bahwa kita sesungguhnya mudah terjebak dalam keyakinan bahwa setiap perubahan adalah kemajuan. Cukup sering istilah kemajuan dan perubahan ini digunakan secara bergantian. Dalam memandang perubahan, penting bagi kita membedakan dua istilah ini.

Perubahan adalah keadaan yang berbeda dari sebelumnya. Sementara kemajuan adalah indikator bahwa ada gerakan maju, ada perkembangan dan umumnya dipandang sebagai hal positif. Perubahan tidak selalu berarti bahwa ada kemajuan.

Orang-orang selalu tumbuh dan mempelajari hal -hal baru, tetapi sulit untuk memutuskan apakah mereka maju atau berubah. Jika kita memperhatikan mereka yang mengalami perubahan dan kemajuan. lebih mudah bagi kita memutuskan bahwa mereka telah berubah. Namun masih agak sulit untuk memutuskan apakah itu kemajuan atau hanya sekedar perubahan.

Ketika orang berkata kepada Anda “Kamu telah berubah”. Cobalah bertanya pada diri Anda apakah itu berarti yang dia maksud adalah kemajuan atau sekedar perubahan.

Perubahan umumnya terjadi tanpa direncanakan dan tanpa arah dorongan. Sementara kemajuan , memiliki tujuan dan direncanakan. Kemajuan umumnya menandakan bergerak maju menuju kebaikan. Sementara perubahan tidak selalu berarti mengubah untuk kebaikan.

Bisnis yang lesu selalu diminta untuk berubah. Perusahaan tampak terburu-buru menerapkan perubahan. Secara teoritis, para pemimpin perusahaan atau para pengusaha, dituntut untuk selalu responsif terhadap perubahan. Istilah inovasi dan daya saing diimplementasikan dalam mengejar perubahan ini. Mereka membuat perubahan dengan keyakinan bahwa perubahan pada akhirnya akan mengarah pada kemajuan.. Namun ternyata perubahan itu tidak memberikan hasil seperti yang mereka harapkan. Perubahan tidak selalu mengarah pada kemajuan. Inovasi tidak selalu mengarah pada kesuksesan. Bisnis tersebut terjebak dalam keyakinan bahwa perubahan adalah sebuah kemajuan.

Memutuskan perubahan memang tidak sesulit membuat kemajuan.

Pejabat kota sering memperhitungkan setiap perubahan yang mereka lakukan dan berharap masyarakat melihatnya sebagai kemajuan, mengapresiasi dan memaknai sebagai hasil baik dari kinerja mereka, meskipun dibalik itu ada kegagalan yang luar biasa.

Jadi sebagai warga negara yang kritis, kita benar-benar harus bisa membedakan apakah itu sebuah kemajuan ataukah hanya sebatas perubahan. Apakah perubahan itu memberi manfaat bagi masyarakat? jikalau pun ada manfaatnya, kita juga harus memeriksa sejauh mana manfaat dari perubahan itu . Apakah manfaatnya sesuai dengan anggaran yang digelontorkan?

Baca: Berpikir Positif Tidak Selamanya Baik

Kemajuan yang kita lihat di beberapa bidang dapat saja merupakan kemunduran di bidang lain.

Modernisasi diterapkan di kota dengan pembangunan agresif di setiap sudut kota. Berbagai infrastruktur modern dan gedung-gedung canggih terus di bangun. Entah mengapa hal ini sepertinya selalu menjadi tolok ukur kemajuan sebuah kota. Kemajuan pembangunan tentu tidak dapat dinilai secara langsung namun juga harus dinilai secara jangka panjang. Namun kemacetan, polusi dan kebisingan telah berdampak langsung pada masyarakat. Dalam jangka panjang dapat menyangkut dalam hal perubahan iklim, lingkungan hidup dan sebagainya. Apakah wajar untuk menolak perubahan ini sebagai kemajuan? Mungkin wajar tapi sulit berhasil. Pesimisme saya mungkin masih tinggi jika menyangkut modernisasi sebuah kota. Saya tidak selalu memandang hal-hal baru, mewah, mencolok canggih, dan terlihat “Wow” sebagai kemajuan. Saya kira mereka telah menuju ke sesuatu {masalah} yang semakin kompleks dan semakin sulit diperbaiki.

Sekarang sebelum kita berpikir lebih jauh untuk mengubah dunia beserta isi yang ada di dalamnya menjadi lebih maju dan lebih beradab, lebih baik kita fokus pada diri kita sendiri dulu. Kita selalu berpikir untuk berubah ke arah yang lebih baik bukan? Mungkin jika kita mengalihkan pemikiran dari ” apa yang perlu kita ubah?” menjadi “apa yang harus kita lakukan untuk maju?” , hasilnya bisa jauh berbeda

Segalanya belum tentu menjadi lebih baik jika kita berubah. tapi kita harus berubah jika ingin menjadi lebih baik. Belajar melalui pengalaman dan terbuka untuk mengubah diri menjadi lebih baik secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan diri kita membuat kemajuan.

Kemajuan . Bukan sekedar perubahan.

Semoga Bermanfaat.

Catatan Zatlog

“Pertumbuhan pribadi adalah tentang kemajuan bukan kesempurnaan”

-Hal Elrod

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *