zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

9 Skill yang Harus Kita Miliki Agar Sukses di Masa Depan

Skill apa yang harus kita miliki agar sukses di masa depan?

Menyadari perubahan dunia yang begitu cepat saat ini, termasuk dalam dunia kerja. kita perlu memastikan bahwa keahlian yang kita miliki tetap kompeten dan bisa diandalkan di tahun-tahun yang akan datang.

Memprediksi secara persis pekerjaan apa yang akan populer di masa depan, mungkin akan terasa sulit. Tidak ada rumus pasti. Yang kita tahu sebagian pekerjaan telah berubah bahkan hilang tergantikan dengan inovasi teknologi dan revolusi industri. Ini akan terus berlanjut untuk masa yang akan datang. Dan kita yang ingin terus survive di masa depan ini tidak ingin ketinggalan. Kita juga perlu mengetahui sklil atau keahlian baru dan segera mempelajarinya agar cepat beradaptasi saat pekerjaan baru itu muncul.

Kita tahu bahwa untuk mencapai sukses dalam dunia kerja, kita harus gesit merangkul perubahan dengan melihat perubahan dunia sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Baca : Persaingan Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan

Jadi inilah saatnya kita segera mulai mengasah skill yang harus kita miliki dan akan menjadikan kita sumber daya yang berharga dan dibutuhkan di tempat kerja masa depan.

Jadi Skill apa yang harus kita miliki agar sukses di masa depan? Bagaimana cara kita agar mampu bersaing dan tetap di depan?

Di bawah ini adalah beberapa soft skill yang sebaiknya kita miliki agar sukses di masa depan

  1. Kecerdasan Emosional
    Kecerdasan emosional mencakup pengetahuan tentang diri sendiri dan kemampuan untuk menyadari, mengendalikan dan mengekspresikan emosi serta menyadari emosi orang lain. Kita harus mampu memiliki empati, integritas dan bekerja dengan baik dengan orang lain.
  2. Mindset berkembang
    Orang yang memiliki mindset berkembang menyadari bahwa mereka harus terus mengasah keterampilan dan terus belajar untuk tumbuh secara aktif. Mereka akan secara aktif mencari pengetahuan baru dengan belajar secara mandiri atau dengan orang lain agar keahlian mereka dapat terus meningkat untuk meraih prestasi yang tinggi.
  3. Literasi Digital
    Memiliki literasi digital mencakup pengetahuan yang luas dan keterampilan dalam bidang digital. Selain memiliki wawasan yang luas dalam hal teknologi digital Kita juga harus mampu dan terampil untuk menggunakan perangkat-perangkat digital dengan aman dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.
  4. Kreatifitas tinggi
    Orang kreatif selalu memiliki ide cemerlang, memiliki pola pikir yang menarik dan mampu merancang strategi baru untuk mencapai tujuan. Kita dapat melatih dan memupuk kreaktifitas tinggi dengan sering membaca dan selalu berlatih untuk berpikir kritis juga berhubungan dengan mereka yang memiliki sudut pandang yang berbeda untuk memperluas sudut pandang kita.Kreatif adalah keahlian menarik yang tahan lama dan selalu dibutuhkan di peran apapun.
    Mengembangkan kreaktivitas adalah kunci untuk tetap di depan dalam persaingan di dunia kerja dan bisnis. Ini mencakup kemampuan dalam cara berpikir baru dan kemampuan untuk menemukan ide, solusi, strategi inovasi dan melihat situasi secara berbeda.
  5. Berpikir kritis, analistis dan sistematis
    Berpikir kritis, analistis dan sistematis adalah keterampilan yang dapat kita gunakan untuk memecahkan masalah dengan menganalisis fakta yang kompleks secara sistematis dengan solusi dan ide inovatif secara rasional.
    Kita harus dapat menganalisis aliran informasi dari berbagai sumber.dan mengumpulkan berbagai argumen dengan pikiran terbuka untuk menghasilkan solusi terbaik
    Keahlian ini dapat kita kembangkan dengan berfokus pada berbagai sudut pandang dan berpikiran terbuka untuk solusi yang berbeda, mencari struktur dan koneksi logis dari bagian yang saling terkait.
  6. Keahlian komunikasi
    Agar sukse di masa depan kita harus memiliki skill dan Kemampuan untuk menyampaikan gagasan, ide secara verbal dan non verbal atau menggunakan lisan, nada suara dan gerak tubuh untuk bertukar informasi dan menyampaikan pesan dan makna kepada setiap orang.
  7. Kolaborasi
    Mampu bekerja sama atau bekerja dalam tim . Keahlian ini mencakup kekompakan dalam bekerja sama dengan berbagai manusia dengan latar belakang yang berbeda untuk kemudian berbagi peran untuk mencapai tujuan bersama.
  8. Skill kepemimpinan
    Memiliki karakter dan jiwa kepemimpinan seperti tanggung jawab, inisiatif, dan integritas yang tinggi. Mampu menginspirasi dan membantu orang lain untuk mengatasi masalah dan mengembangkan solusi.
  9. Literasi budaya
    Memiliki pemahaman yang baik tentang perbedaan budaya. Dunia kita saat ini lebih global dan terbuka dengan berbagai keragaman budaya.Karena itu sangatlah penting bagi individu untuk memiliki keahlian untuk memahami, menghormati dan bekerja dengan orang lain terlepas dari perbedaan ras, budaya, bahasa, usia , jenis,kelamin, dan, keyakinan politik serta agama dan sebagainya. Kita harus mampu beradaptasi dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda.

Itulah 9 Skill yang harus kita miliki agar sukses di masa depan dengan cara harus terus menerus belajar dan meningkatkan keterampilan kita. Jadikan belajar sebagai kebiasaan. Gunakan waktu tertentu setiap hari untuk mempelajari hal-hal baru dengan cara membaca, menulis hingga mengikuti kursus online atau apa saja yang penting kita dapat terus belajar dan mengembangkan keahlian.

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *