zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

Cara Cerdik Pertahankan Pelanggan Jika Pindah Tempat Usaha

pindah tempat usaha
Pindah tempat usaha (zatlog.com)

Kamu yang menyewa tempat usaha berupa ruko atau kios dan harus pindah ke tempat usaha yang baru biasanya resah memikirkan nasib usaha kamu nantinya di lokasi yang baru. Apalagi jika kamu telah memiliki banyak pelanggan di tempat sebelumnya.

Kamu mulai membayangkan akan memulai lagi dari nol dan kehilangan semua pelanggan yang lama. Apalagi jika bekas tempat usahamu digunakan oleh pemiliknya untuk membuka usaha yang serupa , hal ini akan membuatmu semakin resah dan kesal.

Baca juga : Waspadai Trik Licik Pemilik Tempat Usaha, Ruko atau Kios yang Kamu Sewa

Lalu langkah apa yang sebaiknya kamu ambil?.Bagaimana cara jitu pertahankan dan membawa pelanggan lamamu ke tempat yang baru?, ini yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelum pindah tempat usaha.

Agar kamu tidak makin resah dan gundah gulana memikirkan ini. Silahkan simak dulu tips dari zatlog.com dibawah ini.

Carilah lokasi baru yang dekat dengan lokasi usaha yang lama.

Carilah tempat usaha yang terdekat dengan tempat yang lama untuk memudahkan pelanggan menemukan tempat usaha barumu itu. Hal ini juga akan memudahkan dalam proses perpindahan barang. Jika ada yang ingin membuka usaha serupa dibekas tempat usahamu untuk menggaet pelangganmu tentu akan berpikir dua kali, jika melihat kamu pindah tidak jauh dari tempat yang lama.

Namun jika kamu tidak mendapatkan tempat yang terdekat dengan lokasi yang lama, tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara lain dibawah ini yang dapat kamu terapkan.

Pindahkan usahamu secara bertahap

Kamu sebaiknya tidak mengisi tempat yang baru dan meninggalkan tempat usahamu yang lama disaat bersamaan, Minimal sebulan sebelum kamu mengosongkan kios atau rukomu yang lama, kamu sebaiknya telah mengisi tempat yang baru. Pasang segera papan nama dan tampilkan desain tampak muka yang menjadi ciri khas tempat usahamu.

Lebih aktifkan dan lengkapi tempat usaha yang baru.

Aktifkan semaksimal mungkin tempat usaha yang baru seakan kamu telah pindah. Pelayanan di tempat yang lama dapat kamu batasi sekadarnya saja, sembari mengarahkan pelangganmu ke tempat yang baru.

Umumkan kepindahan tempat usahamu di tempat usaha yang lama.

Pengumuman tempat usaha baru (PxHere)

Kamu masih bisa menggunakan tempat usaha yang lama sebelum masa sewa berakhir untuk menempatkan spanduk atau baliho yang menerangkan kalau tempat usahamu pindah ke alamat X misalnya. Atau kamu juga bisa memberikan brosur tentang alamat barumu ke pelangganmu. Jangan lupa isikan dengan nomor telepon dan akun sosial media yang kamu miliki.

Buatlah promo menarik atau diskon khusus ditempat yang baru

Beritahukan kepada pelangganmu bahwa ada diskon atau harga khusus untuk setiap transaksi di tempat yang baru. Kamu bisa membuat promo ini sekalian untuk menggaet pelanggan baru.

Berikan voucher yang hanya bisa di tukar di tempat usaha yang baru

Setiap pelangganmu yang datang ke tempat yang lama berikan voucher yang hanya bisa ditukar di tempat yang baru. Voucher itu bisa ditukarkan hadiah atau potongan harga. Cara ini juga bisa membuat mereka mengenal lokasi usaha barumu.

Jangan pelit memberi hadiah dan pelayanan prima ke pelangganmu yang loyal. Bukankah mereka yang telah banyak memberi keuntungan dan menggerakkan roda bisnismu.

Semakin aktif di sosial media atau bisnis online.

Kamu bisa membuat pengumuman tentang lokasi tempat usahamu di sosial media. Bagikan juga hal-hal yang baru serta promo-promo yang menarik. Jika kamu belum memiliki toko online, ini adalah saat yang tepat untuk membuatnya. Apalagi di masa kini bisnis online juga makin populer. Kamu dapat menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dimanapun mereka berada.

Tingkatkan pelayananmu dan tinggalkan kesan yang dalam di hati pelanggan.

Pelanggan lamamu akan mengingat pelayananmu yang prima. Mereka akan menjadikan tempat usahamu sebagai rekomendasi terbaik dan membagikannya kepada yang lain. Jika pelangganmu selalu puas dengan layanan yang kamu berikan, tentu mereka akan berusaha ke tempat usahamu yang baru dimanapun berada, selama masih terjangkau, dan tak ingin lagi beralih ke lain hati.

Baca juga : Penyebab Penjual Kehilangan Pelanggan : Jangan Katakan Hal Ini ke Konsumen Anda

Jika kamu berhasil menerapkan strategi diatas, tidak mustahil usahamu justru akan semakin berkembang di tempat yang baru. Dan suasana yang baru di tempat yang baru dapat membuatmu makin gigih dalam berbisnis.

Selamat mencoba. Semangat menjemput cuan.

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *