zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Kepribadian dan Gaya Hidup

7 Manfaat Hidup Sederhana yang Bisa Menjadi Gaya Hidup Baru Kita

Jika kita tahu apa saja manfaat hidup sederhana. kita mungkin akan segera menjadikannya sebagai gaya hidup baru kita.

Hidup sederhana bukan hanya tentang membuat satu pilihan. Ini adalah gaya hidup yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Bagi sebagian orang hidup sederhana berarti mengambil pendekatan yang lebih praktis untuk berbagai hal dalam hidup mereka dengan berfokus pada apa yang paling penting dalam hidup.

Dilansir dari Wikipedia “hidup sederhana mengacu pada praktek yang mempromosikan kesederhanaan dalam gaya hidup seseorang. Praktik umum dari hidup sederhana termasuk mengurangi jumlah harta yang dimiliki, mengurangi ketergantungan pada teknologi dan layanan dan menghabiskan lebih sedikit uang. Beberapa alasan pribadi orang memilih untuk hidup sederhana seperti spiritualitas, kesehatan, peningkatan waktu berkualitas untuk keluarga dan teman , keseimbangan kehidupan kerja, selera pribadi, keberlanjutan, keuangan, peningkatan filantropi, berhemat, kelestarian lingkungan atau mengurangi stress. Hidup sederhana juga bisa menjadi reaksi terhadap materialisme dan konsumsi berlebihan.”

Ada banyak manfaat dari hidup sederhana dan itu dapat mempengaruhi hidup kita secara keseluruhan. Pertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah hari ini untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana dan lihat manfaat apa saja yang dapat kita peroleh.

Apa Saja Manfaat Hidup Sederhana?

1.Hidup sederhana menghemat uang.

Saat kita memutuskan hidup sederhana, kita akan belajar lebih terarah dalam mengeluarkan uang dan menjadi lebih sadar akan apa yang sudah kita miliki. Ketika kita berhenti membeli barang yang tidak perlu , kita akan menghemat banyak uang. Banyak orang yang tidak menyadari berapa banyak uang yang sudah mereka habiskan untuk sesuatu yang tidak benar-benar mereka butuhkan. Hidup sederhana memungkinkan mereka untuk mengurangi pengeluaran tersebut itu bisa berarti menjalani hidup sesuai kemampuan. Ini memungkinkan kita untuk memiliki lebih sedikit tekanan finansial dalam hidup.

2. Hidup sederhana bisa mengurangi stress
Salah satu manfaat terbesar dari hidup sederhana adalah mengurangi stress. Memiliki banyak hal yang harus ditangani dapat meningkatkan stres, dan menciptakan rasa khawatir, Hormon stress lebih tinggi di ruang yang dipenuhi banyak barang dan berantakan. Stres yang tinggi dapat memicu masalah kesehatan mulai dari sulit tidur, kehilangan nafsu makan hingga masalah jantung,

3. Menjalani hidup sederhana meningkatkan kreaktivitas dan keterampilan.
Ketika kita menjalani kehidupan sederhana. kita mengurangi jumlah barang dan beberapa hal yang harus kita tangani. Lebih sedikit barang yang harus dibersihkan dan sedikit yang harus dikelola dapat memberi banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Memberi diri kita waktu dan ruang yang kita butuhkan untuk berkreasi dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Dengan menjalani hidup sederhana kita menjadi termotivasi untuk mempelajari berbagai keterampilan termasuk keterampilan baru dimanapun kita tinggal. Misalnya jika kita tinggal di area pertanian membuat kita memutuskan untuk memproduksi bahan makanan sendiri dengan bercocok tanam dan beternak daripada mengandalkan makanan cepat saji.

4. Hidup sederhana dapat membantu menjaga lingkungan,

Dengan menjalani gaya hidup yang lebih sederhana dapat memberi manfaat bagi lingkungan. Segala sesuatu yang kita beli mulai dari makanan yang kita makan hingga pakaian yang kita kenakan dapat berdampak bagi lingkungan kita. Membeli produk lokal dan membeli lebih sedikit dapat berdampak lebih kecil terhadap kerusakan lingkungan.

5. Memungkinkan konsentrasi lebih baik.
Bagi banyak orang yang memilih untuk menganut cara hidup sederhana berarti hidup dengan lebih sedikit barang dan lebih sedikit hal yang harus ditangani. Ini akan menjadi cara yang baik untuk meningkatkan fokus pada hal yang penting dan kita perlukan seperti pekerjaan hobi, hubungan sosial dan komunikasi dengan keluarga.

6. Hidup sederhana memberi manfaat pada kualitas hidup.
Saat kita berfokus pada apa yang paling penting dalam hidup kita dan menghilangkan hal-hal yang berlebihan, maka itu akan memberikan lebih banyak kepuasan. Merefleksikan rasa syukur dan puas dengan apa yang kita miliki akan membantu kita untuk sepenuhnya merangkul gaya hidup sederhana yang dapat mengarah pada kehidupan yang lebih menyenangkan.

7. Membangun hubungan yang lebih kuat.

Manfaat lain dari hidup sederhana yaitu membuat kita menjadi lebih mementingkan lebih banyak waktu dan energi untuk hubungan yang lebih sehat yang telah kita bangun dengan keluarga dan teman. Dengan membuat lebih banyak waktu bersama dan benar-benar fokus saat tengah bersama mereka, dapat membuat hubungan menjadi lebih kuat Menjalani kehidupan yang lebih sederhana juga membuat kita mudah untuk melepaskan segala sesuatu yang tidak tepat, seperti hubungan yang hanya membawa rasa sakit dan rasa kehilangan, yang akan membantu membawa lebih banyak kedamaian di dalam hidup kita.

Bagaimana Cara Kita Memulai Hidup Sederhana?

Untuk mulai menjalani dan mendapatkan manfaat dari hidup sederhana, pertimbangkan terlebih dahulu bidang kehidupan mana yang ingin kita sederhanakan. Apakah barang-barang di rumah yang sudah tidak terkendali dan ingin fokus merapikannya terlebih dahulu? Mulailah dengan area manapun dalam hidup yang terasa paling berantakan saat ini dan lanjutkan dari sana.

Ingin menjadikan hidup sederhana menjadi gaya hidup atau salah satu resolusi tahun baru Anda?

Semoga berhasil!

Baca : Benarkah Sukses Membawa Kebahagiaan?

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *