zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Kepribadian dan Gaya Hidup

Tanda Orang yang Perfeksionis, Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Mengatasinya

Apakah kamu selalu berusaha sempurna dan menetapkan standar yang tinggi dalam segala hal? Segera cek tanda orang yang perfeksionis di bawah ini

Perfeksionis adalah orang yang memiliki obsesi untuk menjadi sempurna dan mencapai kesempurnaan.

Sempurna ? Apa yang salah dengan sempurna? Bukankah sempurna sesuatu yang positif?

Semua orang tentu menginginkan segalanya sempurna. Namun jika obsesi terhadap kesempurnaan itu telah menyebabkan seseorang menjadi cemas dan menyalahkan diri sendiri, selalu mencari kekurangan dan ketakutan yang berlebihan terhadap kegagalan maka ini dapat menjadi masalah mental. Dimana orang yang mengalaminya disebut perfeksionis.

Tanda orang yang perfeksionis

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanda orang yang perfeksionis, yang telah dirangkum Zatlog.com di bawah ini.

  • Menetapkan standar tinggi yang cenderung tidak realistis.

Dalam mengejar tujuan yang ingin mereka capai, maka orang yang perfeksionis akan menetapkan standar yang tinggi pada dirinya. Walaupun standar tersebut di luar batas yang mampu mereka capai.

  • Perfeksionis selalu cemas dan takut akan kegagalan.

Rasa takut gagal ini sangat besar dalam diri perfeksionis. Hal ini menguasai dan memberi kecemasan pada diri mereka setiap saat. Kegagalan akan dianggap sebagai kekalahan telak buat mereka,

  • Sensitif terhadap kritik

Perfeksionis akan menganggap kritik sebagai serangan negatif. Mereka akan bersikap defensif menghadapinya. Kritik membuat mereka merasa terhina dan merasa gagal.

  • Suka menunda dalam melakukan sesuatu

Tanda orang yang perfeksionis biasanya akan berusaha menghindari hal yang dianggap dapat menyebabkan kegagalan. Mereka akan menolak mengerjakan sesuatu yang tak dapat dikerjakan dengan maksimal. Orang yang perfeksionis akan menyerah melakukan sesuatu jika merasa tidak mampu melakukannya dengan sempurna.

Seorang yang perfeksionis tidak mau melakukan sesuatu jika mereka tidak benar-benar siap. Mereka takut jika memaksakan untuk melakukannya hasilnya akan gagal. Mereka lebih memilih tidak melakukannya daripada hasilnya tidak sempurna sesuai standar mereka.

  • Perfeksionis sering mengorbankan kesejahteraan dirinya demi mengejar kesempurnaan.

Orang yang perfeksionis biasanya mengabaikan kesehatannya dengan tidak makan dan tidak tidur demi hasil yang sempurna. Kesempurnaan adalah tujuan akhir, seperti itu prinsip mereka. Akhirnya para perfeksionis ini dapat saja mengorbankan kesehatan mereka demi membawa pekerjaan mereka ke level tertinggi.

  • Perfeksionis hanya melihat 2 sisi, yaitu sempurna dan kegagalan.

Bagi perfeksionis, sesuatu yang memiliki kekurangan sedikit saja, akan tetap dianggap sebagai kegagalan, walaupun di mata seseorang hal itu sudah cukup baik,.

  • Suka menghakimi dan kritis terhadap orang lain

Tanda orang yang perfeksionis selanjutnya adalah tidak senang dikritisi. Walaupun tidak senang dikritik namun sebaliknya orang yang perfeksionis justru suka mengkritisi orang lain. Bukan hanya segala hal yang mereka lakukan saja yang harus sempurna namun orang lain juga harus sempurna. Makanya para perfeksionis ini, seringnya dengan mudah menemukan kesalahan dan mengkritik apa yang dilakukan orang lain.

  • Perfeksionis cenderung keras kepala dan sulit diajak berkompromi.
  • Stres dan depresi sering dialami mereka yang memiliki ciri perfeksionisme jika tujuan mereka tidak tercapai.
  • Ciri berikutnya dari orang yang perfeksionis adalah memiliki pemikiran yang kaku dan spesifik bagaimana sewsuatu atau hal harus dilakukan. Sehingga perfeksionis sering dianggap rumit dan sulit dimengerti oleh orang sekitarnya.
  • Orang perfeksionis lebih fokus terhadap hasil akhir daripada proses.
  • Selalu menemukan kesalahan saat orang lain tidak melihat kesalahan tersebut. Karena perfeksionis terlalu berorientasi pada detail maka setiap kesalahan atau kekurangan sekecil apapun mudah mereka dapati .
  • Ciri atau tanda terakhir dari orang yang perfeksionis adalah kecenderungan mereka hanya melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Hal ini membuat perfeksionis menjadi sulit untuk merasa puas atas apa yang telah dikerjakan.

Nah, apakah beberapa ciri dan tanda orang yang perfeksionis di atas ada pada diri Anda? Cari tahu lebih dalam kelebihan dan kekurangan dari perfeksionis di halaman selanjutnya…..

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *