zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

9 Kesalahan yang Wajib dihindari Pengusaha

keselahan bisnis yang sering dilakukan pengusaha baru

Kita dapat belajar dari kesalahan milik pengusaha lain, dengan melihat 9 kesalahan umum yang mereka lakukan yang harus dihindari oleh kita yang ingin menjadi pengusaha.

Perjalanan bisnis seorang pengusaha biasanya dipenuhi dengan kesalahan. Sepertinya harus seperti itu. Karena tanpa kesalahan tidak ada hal baru yang dapat dipelajari. Banyak pengusaha yang sukses setelah belajar dari kesalahan yang mereka lakukan. Jadi jangan pernah takut melakukan kesalahan dalam bisnis .

Ada anggapan bahwa belajar dari kesalahan sendiri jauh lebih efektif dibandingkan belajar dari kesalahan orang lain. Kesalahan yang merugikan diri sendiri tentu lebih berkesan dan Anda dijamin akan meraih pembelaJaran langsung. Tapi bukan berarti Anda perlu menciptakan kesalahan, bukan seperti itu prakteknya. Kecuali jika Anda benar-benar berniat berkorban untuk memberi pelajaran bisnis kepada pengusaha lain, tidak masalah jika Anda mengacau sesekali.

Jangan lupa beberapa orang seringkali terperosok ke lubang yang sama. Yang berarti seseorang tidak selalu belajar dari kesalahan mereka.

Meskipun Anda diperbolehkan melakukan kesalahan dalam bisnis, namun Anda wajib menghindari terperosok ke dalam lubang yang sama. Melakukan kesalahan berulang dan tidak belajar dari kesalahan Anda adalah kesia-siaan. Termasuk tidak belajar dari kesalahan milik pengusaha lain.

Jadi alih-alih menciptakan kesalahan lebih baik kita belajar dari kesalahan milik pengusaha lain, dengan melihat 9 kesalahan umum yang harus dihindari oleh setiap pengusaha. yang telah dirangkum zatlog.com di bawah ini

1. Memberi harga yang terlampau murah di awal.

Ketika sebuah produk atau layanan baru diluncurkan, banyak pemilik bisnis berpikir bahwa mereka perlu memberi harga yang sangat murah untuk menarik pelanggan , Ini adalah sebuah kesalahpahaman.

Harga murah di awal meski mampu menarik pelanggan, namun pelanggan Anda akan dengan mudah beralih ketika Anda ingin menaikkan harga di masa yang akan datang, Mengapa? Karena tidak ada nilai tambah dari produk Anda. Harga produk Anda naik tapi nilai dan kualitas produk sama saja, maka pelanggan menjadi ragu untuk membeli dari Anda.

Pelanggan tidak selalu memilih hanya berdasarkan faktor harga. Jika Anda memberi harga yang terlampau murah untuk produk Anda maka sebenarnya Anda meremehkan produk atau layanan Anda dan membuat margin rendah untuk diri sendiri.

Margin keuntungan yang sehat sangat penting untuk kesuksesan Anda. Menyetelnya terlalu rendah di awal akan membuat bisnis Anda jauh lebih sulit di masa depan. Ini karena pada akhirnya Anda harus menaikkan harga dan kemudian pelanggan Anda akan kabur .

Jika Anda ingin memasuki pasar, dan mengalahkan pesaing Anda, jangan hanya fokus pada harga. Sebaiknya tambahkan banyak nilai pada produk Anda sehingga membuat produk Anda lebih menonjol dibandingkan milik pesaing. Tetapkan harga yang wajar dan realistis dengan memperhitungkan biaya produksi dan biaya operasionalnya. dan pastikan Anda melakukan riset pasar sebelum memutuskan harga.

2. Menghabiskan waktu panjang untuk melakukan riset pasar.

Kesalahan lainnya yang banyak dilakukan para pengusaha dan harus dihindari adalah mereka terlampau sibuk mencari celah di pasar . Mereka menghabiskan banyak waktu untuk melakukan riset seperti menggali kebutuhan apa yang belum terpenuhi, apa saja, yang dapat mereka wujudkan sebagai solusi.

Mereka terus menerus melakukan riset pasar demi menyempurnakan produk atau layanan mereka. Mereka melakukan pengujian tanpa henti. Dan ketika itu tidak berhasil mereka berpindah haluan, ke celah berikutnya di pasar.

3. Menghabiskan biaya terlalu besar atau terlampau sedikit.

Beberapa pengusaha hidup dalam pola pikir bahwa mereka harus mengeluarkan uang besar untuk menghasilkan keuntungan yang juga besar. Mereka merekrut karyawan yang begitu banyak dan menyewa tempat yang lebih mahal. Beberapa pengusaha baru ini terkadang berambisi untuk tampil menawan, menonjol dan berkelas . Mereka hidup dalam delusi bahwa pada akhirnya mereka akan mendapatkan pengembalian yang pantas.

Mereka menghabiskan banyak uang untuk hal yang sebenarnya tidak atau belum mereka butuhkan. Ini adalah satu kesalahan umum dan paling mematikan, yang banyak dilakukan pengusaha baru yang harus dihindari.

Sebagian pengusaha lainnya berpikir mereka harus menahan pengeluaran lebih sedikit untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.. Mereka menyewa tempat yang murah, mempekerjakan karyawan murah yang mungkin kurang terampil dan tidak berpengalaman.

Menjaga keseimbangan dalam pengeluaran dengan membelanjakan secukupnya adalah jalan terbaik yang dapat Anda pilih.

4. Tidak menguji produk sebelum diluncurkan.

Kesalahan keempat para pengusaha yang harus dihindari yaitu ketika pengusaha buru-buru meluncurkan produk sebelum sempat mengujinya. Mereka mungkin sudah melakukan penelitian, dan menarik kesimpulan bahwa produk akan sukses di pasaran. Namun ternyata itu adalah sebuah kesalahan besar, Jadi jangan lupa untuk selalu menguji produk baru Anda di pasar untuk menghindari kesalahan seperti itu. Cari tahu kelebihan dan kekurangan produk tersebut dari pelanggan lalu buat perubahan yang diperlukan dan luncurkan produk akhir.

5. Meremehkan persaingan

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh pengusaha yang wajib juga dihindari adalah mereka menjadi terlalu bersemangat dan terlalu percaya diri mengenai ide bisnis mereka dan meremehkan pesaing mereka.

Apapun alasannya mengabaikan persaingan yang relevan itu berbahaya. Karena persaingan selalu ada. Setiap orang memiliki pesaing. Bahkan jika Anda adalah perintis pertama dan merasa telah menemukan caruk yang sempurna dan tidak ada orang yang menantang Anda mungkin Anda salah. Pasti ada pesaing di bidang Anda yang dapat mulai mengambil pelanggan Anda jika Anda tidak berhati-hati.

Anda mungkin berpikir telah menciptakan produk terbaik atau menawarkan layanan terbaik di pasar. Anda berasumsi dapat memenangkan pasar dengan mudah. Ini adalah kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan sebagai pengusaha yang dapat mengarah pada kejatuhan .

6. Mengharapkan hasil segera

Bisnis membutuhkan waktu untuk sukses. Dan kesabaran adalah kuncinya.

Banyak bisnis tidak mampu bertahan lama karena pengusahanya tidak sabaran dan mengharapkan hasil segera. Inilah salah satu Penyebab Usaha Gagal di Tahun Pertama. Pengusaha mengharapkan hasil yang menguntungkan sesegera mungkin terlihat. Bahkan saat produk atau layanan baru lepas landas pun mereka sudah tidak sabar dan sangat bersemangat untuk melihat hasilnya. Dan ketika hasilnya mengecewakan mereka langsung putus asa dan merasa kehilangan harapan

Ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang hampir ditemukan di semua pengusaha yang harus dihindari. Mereka kadang tidak sadar bahwa untuk mendapatkan hasil gemilang yang sesuai harapan mereka itu, harus melalui periode pertumbuhan yang panjang baru pada akhirnya mendapatkan hasil..

7. Tidak memiliki rencana pemasaran

Anda mungkin memiliki produk atau layanan terbaik tetapi jika Anda tidak dapat meyakinkan orang lain tentang itu maka itu akan menjadi sia-sia.

Salah satu kesalahan pebisnis yang wajib dihindari sebagai pengusaha adalah tidak memiliki rencana yang tepat dalam hal pemasaran. Mereka mungkin menganggap produk mereka mampu menarik pelanggan dengan mudah. Sehingga mereka tidak membuat konsep yang jelas tentang sistem pemasaran. Padahal mempromosikan produk atau layanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mengembangkan bisnis.

8, Tidak mendengarkan pelanggan,.

Pengusaha sukses selalu mengutamakan pelanggan mereka, Mereka mengembangkan dan menyempurnakan produknya berdasarkan umpan balik yang mereka dapatkan dari pelanggan Umpan balik adalah cara untuk mengetahui apa yang diharapkan pelanggan Anda dan mengetahui kekurangan apa saja dari produk Anda.

Kunci untuk memiliki bisnis yang berkelanjutan adalah memiliki pelanggan yang loyal, yang akan membeli dalam jangka panjang . Anda harus mempertahankan pembeli ini dan Anda harus membuat mereka puas .

9. Tidak menetapkan tujuan yang jelas.

Salah satu kesalahan paling umum yang dibuat oleh pengusaha yang juga wajib dihindari adalah bahwa mereka menetapkan tujuan yang tidak dapat dicapai. Mereka tidak tahu apa yang ingin mereka capai dalam seminggu, sebulan atau setahun. Mereka terus bekerja membabi buta. Ini menciptakan banyak kebingungan dalam sistem mereka.

Tetapkanlah tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk diri sendiri , perusahaan Anda dan karyawan Anda . Dapatkan visi yang jelas untuk mengambil langkah langkah yang diperlukan ke arah tujuan.

Baca : 9 Keuntungan Persaingan Dalam Bisnis

Baca : Cara Cerdik Pertahankan Pelanggan Jika Pindah Tempat Usaha

Itulah 9 kesalahan umum yang wajib dihindari pengusaha. Memang tidak mudah ya menjadi pengusaha . Kesalahan selalu terjadi. Tapi itulah bagian dari proses .

Anda tidak perlu mengulangi kesalahan orang lain. Belajarlah dari kesalahan mereka untuk menuntun jalan Anda menuju kesuksesan. Belajar dari pengalaman pengusaha lain yang telah melakukan kesalahan adalah cara terbaik untuk memastikan kesuksesan usaha Anda. Karena begitu Anda tahu apa yang harus Anda hindari maka Anda akan lebih jelas tentang apa yang harus Anda lakukan.

Semoga bermanfaat.

Asria Ali

Sedang menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *