zatlog

Catatan yang Memiliki Makna Dihati dan Menempati Ruang Dipikiran

Bisnis dan Karir

9 Keuntungan Persaingan Dalam Bisnis

Beberapa bisnis melihat persaingan sebagai ancaman. Sebagian menganggap seperti musuh yang harus dihajar. Dalam hingar bingar bisnis yang sudah tidak mengenal batas dan aturan, pertarungan di pasar bisa sangat sengit. Saling memangsa terjadi diantara dua pihak. Apakah itu untuk menggaet pelanggan atau memenangkan posisi merek di pasar,

Di hampir semua bisnis, persaingan adalah sesuatu yang tidak bisa dielakkan. Langsung atau tidak langsung, hanyalah masalah waktu untuk pesaing muncul. Bahkan untuk seorang perintis pertama di sebuah bidang bisnis harus selalu siap menyambut pesaing mereka .

Meskipun kelihatannya persaingan menyusutkan basis pelanggan, membuat pebisnis mendapatkan potongan kue yang lebih kecil namun di sisi lain persaingan sebenarnya juga menguntungkan. Bukan hanya untuk pelanggan namun juga bagi perusahaan atau bisnis itu sendiri.

Mari kita lihat keuntungan persaingan dalam bisnis yang telah dirangkum zatlog.com di bawah ini:

1. Persaingan dapat mendorong Inovasi

Ketika beberapa bisnis bersaing maka mereka akan selalu membuat perubahan dan membedakan diri mereka satu sama lain. Ini dapat mengarah pada inovasi, pengembangan dan peningkatan produk dan layanan. Sebaliknya tanpa persaingan terlalu mudah untuk sebuah bisnis berpuas diri dan menerima sesuatu yang tetap sama.

Keadaan bisnis yang kompetitif akan memaksa bisnis berpikir untuk membuat perubahan dan melakukan apa saja untuk memastikan kesuksesan bisnis mereka. Jika mereka tidak melakukan inovasi maka pesaing dapat saja mengambil alih bisnis dan membuat mereka kalah dalam tren pasar

Agar tidak menyerah pada pesaing yang berkinerja lebih baik, maka sebuah bisnis akan berusaha untuk menonjol dengan menjadi lebih inovatif.

2. Membangkitkan motivasi dalam diri.

Persaingan dapat memicu kita bekerja lebih keras Banyak orang yang kurang terampil mengatur diri mereka sendiri sehingga kompetisi yang sehat adalah cara yang bagus untuk membuat mereka tetap termotivasi.

Dengan kata lain, memiliki persaingan adalah cara yang efektif untuk mempertahankan motivasi untuk terus meningkatkan bisnis agar tidak ketinggalan.

3. Persaingan dapat membantu mempelajari kelebihan dan kekurangan pihak lain.

Membandingkan produk kita dengan pesaing memudahkan kita untuk mengetahui dimana kekurangan produk atau dimana kita mungkin bisa melakukan yang lebih baik dari mereka. Tanpa persaingan akan sangat sulit untuk kita menentukan apakah produk kita mencapai tingkat yang memuaskan.

Kita dapat belajar banyak hal dari para pesaing dengan mencoba praktek mereka yang berkembang di bidang tersebut dan menirunya. Kita juga dapat melacak kekurangan mereka dan belajar dari kesalahan mereka. Dengan ini kita belajar menemukan cara untuk menangani situasi tertentu dan meningkatkan bisnis secara bertahap.

Apakah pesaing berhasil atau tidak, bagaimanapun pengalaman dan keputusan yang mereka ambil dapat membantu kita mempelajari apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan tanpa harus mengambil resiko mencoba pendekatan itu juga.

Contohnya jika pesaing jatuh karena mereka mungkin terlalu cepat berekspansi atau menghasilkan lebih banyak pasokan daripada permintaan atau menurunkan harga terlalu banyak maka kita sudah tahu untuk tidak melakukan hal yang sama. Dan sebaliknya jika mereka berhasil dalam praktek yang mereka lakukan maka kita dapat melakukan praktek seperti itu juga.

4. Menumbuhkan kesadaran produk dan pertumbuhan pasar yang lebih besar.

Banyak bisnis tidak menyukai pesaing karena mereka pikir pesaing mengambil pelanggan mereka.

Sebenarnya semakin banyak yang bermain di industri yang sama semakin besar pasarnya. Meskipun kita mungkin perlu menyesuaikan harga namun secara keseluruhan ini meningkatkan ukuran pasar secara signifikan. Konsumsi produk secara keseluruhan dapat meningkat karena bertambahnya pesaing . Hal ini akibat penetrasinya yang lebih tinggi serta kualitasnya yang lebih baik dan terpenting masyarakat mampu membeli dengan harga yang kompetitif.

Setelah kita memahami produk dengan baik maka kita harus fokus untuk membedakannya dari pemain lain di pasar. Ini mengarah pada pengembangan dan peningkatan kualitas produk sehingga membantu menarik pelanggan ke produk tersebut. Jika kita mulai melakukan ini, maka ini dapat mengarah pada beberapa produk inovatif di pasar yang meningkatkan ukuran pasar lebih luas.

Lebih banyak persaingan dapat diakibatkan dari banyaknya permintaan dan lebih banyak kesadaran akan produk atau layanan. Dengan kata lain persaingan membantu membuat produk lebih dapat diterima di pasar

5.Meningkatkan kualitas dan Kepuasan pelanggan

Daya saing yang lebih besar menciptakan lebih banyak produktivitas dan kualitas produk dan layanan yang lebih baik .Pasar tumbuh dengan cepat dan konsumen mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih rendah . Di sisi lain monopoli pasar bisa menghasilkan pilihan yang lebih sedikit dan berkualitas lebih rendah. sehingga yang terjadi justru sebaliknya, harga yang lebih tinggi dan konsumen dirugikan.

Tekanan yang diberikan oleh pesaing akan memicu perusahaan untuk mempromosikan produk mereka agar menonjol dengan berfokus pada orisinalitas atau kualitas.

Konsumen tidak selalu memilih hanya berdasarkan harga. Ketika terdapat berbagai macam produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan mereka maka kualitas produk dan layanan yang ditawarkan juga bisa menjadi faktor penentu. Pada akhirnya yang dicari konsumen adalah kualitas terbaik dan harga terbaik. Perusahaan yang mampu memuaskan preferensi konsumen inilah yang akan memenangkan persaingan dan mencapai posisi yang lebih baik di pasar .

6. Persaingan mendukung terciptanya perusahaan.

Di pasar yang diatur oleh keterbukaan dan persaingan yang sehat, setiap orang akhirnya memiliki peluang yang sama. Aturan persaingan melarang penyalahgunaan posisi dominan. Ini dapat mendorong kebebasan berinisiatif setiap orang untuk menciptakan bisnis dan memasuki pasar.

7. Menumbuhkan loyalitas pelanggan

Memiliki persaingan dapat berarti akan memiliki pelanggan yang setia terhadap bisnis kita. Ini secara tidak langsung adalah salah satu keuntungan dari persaingan dalam bisnis.

Jika pelanggan puas dengan produk dan layanan kita maka mereka akan memilih kita daripada opsi lain di pasar. Semakin baik reputasi atau layanan yang kita miliki maka akan membantu membangun hubungan pelanggan yang tahan lama bahkan dapat membuat kita mendapatkan basis pelanggan sendiri.

8.Persaingan bisa menjadi alat yang efektif untuk menumbuhkan dan meningkatkan bisnis.

Persaingan dalam bisnis ini bermanfaat bagi perusahaan karena memotivasi mereka berjuang untuk standar yang lebih tinggi. Ketika sebuah bisnis memiliki persaingan maka bisnis tersebut akan berupaya melakukan bisnis dengan lebih baik dengan menggunakan sumber daya yang optimal untuk merebut pasar.

9. Persaingan bermanfaat bagi perekonomian negara.

Dengan bersaing satu sama lain maka perusahaan menjadi kompetitif, berdaya saing, lebih inovatif, efisien untuk mencari kinerja ekonomi terbaik. Dinamika pasar ini membuat ekonomi tumbuh lebih cepat, menciptakan lapangan kerja, memberi kesejahteraan bagi masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian negara.

Baca : Persaingan Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan

Itulah beberapa keuntungan persaingan dalam bisnis. Persaingan sebenarnya juga menguntungkan. Bukan hanya untuk pelanggan namun juga bagi perusahaan atau bisnis itu sendiri. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang kuat menghadapi tantangan dan mampu berkembang di bawah tekanan persaingan.

Asria Ali

Sedang menulis

2 komentar pada “9 Keuntungan Persaingan Dalam Bisnis

  • דירות דיסקרטיות בחולון

    Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon on a daily basis. It will always be exciting to read through articles from other writers and practice something from their web sites.

    Balas
  • דירות דיסקרטיות באשדוד

    Can I just say what a relief to uncover someone that genuinely understands what theyre discussing on the net. You certainly know how to bring a problem to light and make it important. More and more people need to read this and understand this side of the story. I was surprised that you are not more popular since you most certainly have the gift.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *